Free Blog, Blogger or Wordpress?

Ketika akan terjun di dunia blog dan online advertising, saya berpikir, apakah akan menggunakan provider blog gratisan atau menyewa hosting untuk blog saya nanti. Saya mempertimbangkan masak-masak. Lalu saya menyadari, bahwa saya baru mengawali dalam urusan ngeblog ini dan tidak ingin mengeluarkan biaya dulu. Daripada dibebani sewa hosting dan domain, sementara income belum ada, ya nggak sih. Kalau ada yang gratisan, mengapa tidak? Hehe... maunya gratisan melulu...

Suatu saat nanti, kalau sudah terlihat hasil dari bisnis ini, saya akan menyewa hosting dan membeli domain untuk situs/blog saya. Saya memang sudah lama berkecimpung di dunia internet sebagai webmaster salah satu situs (yang tidak perlu saya sebutkan namanya). Jadi saya banyak tahu hal-hal seputar website.

There’s no free lunch? It’s not true!
Ada nggak ya, yang gratis? Saya lalu melihat, ternyata banyak sekali bloger yang menggunakan nama akhiran blognya dengan ….blogspot.com dan ….wordpress.com. Pasti gratisan, tahu kenapa? Karena pakai subdomain. Nah, pilih mana di antara keduanya? Maunya sih pilih wordpress.com, karena wordpress lebih banyak pilihan themenya (istilah untuk design halaman di wordpress). Banyak juga tersedia pluginnya.

Setelah mencoba wordpress.com untuk sebuah blog, ternyata tidak bisa menerima kode javascript dan mengupload plugin dan widget. Padahal sebagian provider iklan seperti Google Adsense (Google Adsense akan saya bahas di lain waktu) menggunakan javascript untuk kode iklannya. Kecuali jika Anda mau mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting dan menginstall Wordpress sendiri di sana, Anda bisa melakukan apa saja. Nggak jadi deh wordpress, kan maunya yang gratisan dulu, ya nggak. Capek deh…

Akhirnya saya beralih ke blogspot. Saya ingat kalau blogspot itu daftarnya di Blogger.com, karena dulu pernah membuat blog pribadi, yang tidak pernah diupdate. Kemudian saya mengetahui itu blogger versi lama. Ketika saya mendaftar, Blogger sudah diakuisisi oleh Google dan berubah menjadi new blogger, kemudian Google Adsense menjadi bagian tak terpisahkan dari Blogger/blogspot. Kode Adsense dapat dimasukkan ke dalam template Blogger.

Bagaimana, mau pilih Blogger.com atau Wordpress.com? Terserah Anda dan kepentingannya apa. Kalau mau terima iklan, ya pakai Blogger. Kalau enggak, ya pilih Wordpress.com.