Diversify, Don’t Place Your Eggs in One Basket

Jauh sebelum munculnya Google Adsense, saya sudah mengenal nama-nama macam Linkshare, Commission Junction, Amazon, DoubleClick, dll, di akhir 90-an. Mereka adalah provider program affiliasi (affiliate program) periklanan jenis PPA (Pay Per Action), kadang disebut juga dengan referral program atau associate program. Sayang sekali, waktu itu boleh dikatakan kurang sukses.

Adapun Google Adsense selain menyediakan iklan jenis referral, juga Adsense for Content serta Adsense for Search, yang berjenis PPC (pay per click). Bagi saya yang pernah merasakan susahnya mendapatkan komisi dari referral ad, meraup dolar dari Google Adsense 'di atas kertas' bisa dikatakan lebih mudah. Dolar yang diterima dihitung berdasarkan berapa banyak orang mengklik iklan Adsense. Kita tinggal memikirkan bagaimana meningkatkan jumlah traffic kunjungan atau... membuat situs sebanyak mungkin. That’s it.

Saya akhirnya begitu semangat dengan Adsense setelah membaca success story para praktisi Adsense. Sudah tahu peraih pendapatan tertinggi dari Google Adsense? Berikut ini daftar top 8 Google Adsense Earner 2006-2007:
1. Markus Frind: PlentyOfFish.com - $300,000 per month
2. Kevin Rose: Digg.com - $250,000 per month
3. Jeremy Shoemaker: Internet Marketer - $140,000 per month
4. Jason Calacanis: Weblogs, Inc - $120,000 per month
5. David Miles Jr. & Kato Leonard: FreeWebLayouts.net - $100,000 per month
6. Tim Carter: AskTheBuilder.com - $30,000 per month
7. Joel Comm: Get Rick Quick Guru - $24,000 per month
8. Shawn Hogan: DigitalPoint.com - $10,000 per month

Itu hanya dari dari Adsense. Tapi ternyata Adsense hanyalah salah satu penyumbang pundi-pundi income mereka. Lalu yang lainnya apa? Sebagian dari nama-nama yang saya sebut di paragraf awal tadi masuk dalam daftar mereka. Ya, affiliate, referral, PPA, yang pernah membuat saya patah arang, sekali lagi mampir dalam benak saya. Sekaligus membalikkan pesimisme jadi optimisme.

“Jangan simpan semua telurmu dalam satu keranjang”. Jangan menggantungkan harapan (income) dari satu sumber. Diversify! Buat ‘sumur-sumur minyak’ baru. Kalau Anda belum tahu, baru-baru ini banyak rekan-rekan praktisi Adsense di Jogja yang diban oleh Google. Bagi Anda yang mengalami nasib serupa, jangan patah arang. Masih banyak program yang bisa Anda ikuti: Bidvertiser, Chitika, Commission Junction, AdBrite, Kontera, Text Link Ads, dll. 


Bagi Anda yang ada di ‘zona aman’ dengan Adsense, tidak ada ruginya mencoba, malah keuntungan berlipat. Asalkan diletakkan secara proporsional, di situs-situs yang berbeda, tidak saling tumpang tindih. Bagi Anda yang belum juga daftar Adsense, wah... ketinggalan kereta.

Selamat mencoba.