How to Hide Navigation Bar (Navbar) in Blogger

Kadang-kadang saya merasa terganggu dengan Navbar Blogger yang lurus melintang di langit-langit blog blogspot saya. Selain mengganggu tampilan, juga membuat kentara sekali kalau ini blog gratisan. Saya ingin itu Navbar dihilangkan saja, ya nggak sih! Anda mungkin berpikiran sama dengan saya.

Kadang saya teringat Wordpress lagi. Asal tahu saja, Wordpress itu nggak pake navbar-navbaran kayak Blogger gini. Sebenarnya Wordpress itu keren abisss lho! Tapi, karena adanya kekurangan yang sudah saya singgung di tulisan yang lalu di sini dan di sini, maka nggak jadi pake Wordpress… (kalau ada yang mau update tentang masalah ini, monggo!)

Untuk menghilangkan navbar dari blog blogger Anda, ternyata gampang, cuma menambahkan beberapa baris CSS.
Klik tab Template ---> Edit HTML.
Geser slider ke bawah sampai Anda menemukan kode ]]></b:skin>
Copy kode berikut ini sebelum kode tersebut.

#navbar {
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}

Tapi hati-hati, kira-kira trik ini diperbolehkan nggak sama Blogger? Terserah masing-masing! Mau pakai atau tidak trik ini, terserah. Resiko ditanggung sendiri-sendiri. Saya hanya share trik yang satu ini, tapi tidak menganjurkan. It’s up to you!