Optimize Your Feed Using Feedburner

Saya membuat blog dan menulis artikel dari waktu ke waktu, mengupdatenya secara teratur. Tentunya saya ingin orang membaca blog saya. Saya ingin orang selalu membaca tulisan saya. Saya harus menyediakan fasilitas supaya mereka bisa ‘berlangganan’ artikel saya. Bagaimana caranya? Gunakan feed. Apakah feed itu?

Feed adalah output dari situs/blog yang berupa judul dan isi artikel berbentuk xml. Kalau dalam bahasa Wikipedia, feed adalah "A web feed is a data format used for serving users frequently updated content. Content distributors syndicate a web feed, thereby allowing users to subscribe to it."

Agar feed bisa dibaca, diperlukan tool yang namanya aggregator atau feed reader. Tersedia banyak feed reader bertebaran di internet, beberapa yang nyangkut di ingatan adalah Google Reader, My Yahoo, Newsgator, Rojo, dan Bloglines. Kita tidak akan membahas feed reader kali ini, tapi sebaliknya 'feed writer' (ini istilah saya sendiri).

Sebenarnya default feed dari blogger (indobloger.blogspot.com/feeds/posts/default/) sudah bisa digunakan dan dibaca segala macam feed reader. Tetapi kita tidak bisa mengetahui berapa orang yang berlangganan feed tersebut dan dari mana saja. Karena itulah saya menggunakan Feedburner untuk mereproduksi feed saya, karena dilengkapi oleh statistik yang lengkap. Bahkan sejak diakuisisi oleh Google, layanan Pro yang dulunya bayar, kini digratiskan sehingga semakin memudahkan dalam menganalisa traffic pembaca.

Selain statistik, banyak fasilitas lain yang tersedia di Feedburner yang sangat popular ini. Beberapa di antaranya adalah:
- Chicklet Chooser: Memilih simbol RSS atau layanan aggregator untuk dipajang di blog.
- Email Subscriptions: Menyediakan fasilitas berlangganan via email.
- FeedFlare: Menyediakan tool untuk social bookmark.
- FeedCount: Untuk menampilkan jumlah pelanggan feed di blog Anda.
- Headline Animator: Membuat banner berisi headline untuk ditampilkan di situs lain.
- BuzzBoost: Untuk menampilkan headline situs Anda di situs lain, tetapi dalam format html.
- dan masih banyak lagi.

Selamat mencoba!