Calculating AdSense Income Potential

Mendapatkan extra income yang maksimal dari Google Adsense dengan usaha yang minimal bukanlah sebuah mimpi di siang bolong. Sangat mungkin. Tetapi, itu butuh waktu dan perlu perencanaan, seperti bisnis pada umumnya. Sebelum terjun ke bisnis Adsense, kebanyakan kita bertanya-tanya, berapa banyak yang bisa kita dapatkan dari Adsense? Untuk memahami potensi pendapatan dari Adsense, bayangkan, setiap seseorang di luar sana mengklik iklan di situs Anda, Anda mendapat prosentase dari pendapatan Google atas penempatan iklan itu.

Tapi, saran saya, jangan sekali-kali Anda mengklik iklan Anda sendiri atau menyuruh orang lain melakukannya, karena Google akan tahu dan segera memecat Anda! Hal ini terjadi pada teman chating saya dari kota gudeg, tapi bukan mas Isnaini yang kondang itu. Teman chating ini mengklik iklannya sendiri, berpindah-pindah dari warnet ke warnet, kemudian dia lapor ke saya CTR-nya (clickthrough rate) 95%. Dia tanya, bagaimana menurunkannya. Saya tidak bisa menjawab. Dia tahu posisinya dalam bahaya, takut kena ban Google. Besoknya, dia lapor lagi telah mendapat ‘surat cinta’ alias pemutusan hubungan bisnis dari Google.

Bagaimana cara menghitung pendapatan (revenue/income) dari iklan Adsense? Berikut ini ilustrasi kalkulasi revenue untuk satu iklan Adsense.

Revenue (Income) = Clickthrough value * Payout rate * Clickthrough rate * Webpage traffic * Frequency of ad

Keterangan:
Clickthrough value: biaya per klik yang dibayarkan oleh advertiser/pengiklan (bervariasi).
Payout rate: prosentase pendapatan yang dibayarkan per klik yang ditentukan Google (bervariasi).
Clickthrough rate: berapa kali iklan diklik pada waktu tertentu dibagi dengan berapa kali iklan tampil pada waktu yang sama.
Webpage traffic: jumlah pengunjung di situs Anda.
Frequency of ad: berapa kali iklan tersebut tampil.

Untuk memahaminya, mari kita buat contoh soal:
Clickthrough value: 20 cent atau $ 0,20
-> Advertiser membayar $0.20 per klik kepada Google.
Payout rate: 50% atau 0,5
-> 50% adalah asumsi untuk sebagian besar transaksi.
Clickthrough rate: iklan tampil 100 kali dalam sehari dan diklik oleh 7 orang. Jadi clickthrough ratenya adalah 7:100 = 0,07.
Webpage traffic: 150 pengunjung pada hari itu.
Frequency of ad: 100.

Revenue (income) per hari
= 0,20 * 0,5 * 0,07 * 150 * 100
= $105


Jika diasumsikan $105 sebagai rata-rata income per hari, maka total revenue dalam sebulan, kalikan dengan 30, menjadi $3150. Konversikan dalam rupiah, hampir 29 jutaan! Jumlah penghasilan bulanan yang luar biasa bagi sebagian besar orang Indonesia, apalagi tanpa usaha yang berarti untuk melakukannya. Bahkan, beberapa orang sukses mendapatkan 6 digit $100.000 sampai $300.000 sebulan, hanya dari Adsense.

Bagaimana, ada semangat baru untuk menggeluti Adsense? Tapi, sekali lagi, butuh waktu, perencanaan, keuletan, dan kesabaran. Sama dengan bisnis lain pada umumnya. Tapi, yang ini tanpa modal, khususnya bagi Anda yang punya waktu luang dan ada koneksi internet tentunya.