Mendapat Dolar dari SponsoredReview


Seorang teman yang kurang sukses dan merasa kurang sabar dengan pendapatan dari Google Adsense, beralih ke pekerjaan mereview. Program ini dinamakan pay per post atau paid to review. Dan, akhirnya dia lebih berhasil di bidang ini, pendapatannya lebih menjanjikan dan lebih pasti, katanya. Dua bulan mereview, dia telah berhasil mengumpulkan sekitar $200.

Meskipun saya telah berhasil mengumpulkan $1076.37 dari Google Adsense (bukan sebulan lho, tapi 2 tahun), saya pun tergiur juga. Dengan tidak meninggalkan program-program blog monetize yang saya ikuti sebelumnya, saya pun coba mendaftar ke salah satu program paid to review yang dia sodorkan, namanya Sponsored Review. Seperti apa?

Mekanismenya, blog yang kita daftarkan harus berbahasa Inggris, dan akan dinilai dalam dolar berdasarkan PR (pagerank) blog kita. Dua blog saya di blogspot yang berpagerank 3, masing-masing dihargai $30. Artinya, pada saat bidding opportunity, nilai maksimal bid (penawaran) yang kita masukkan tidak boleh lebih dari $30. Dan, harga tersebut menjadi acuan bagi perusahaan/lembaga yang mencari blog-blog yang nilainya sesuai dengan kriteria mereka.

Setelah blog di-approve, tibalah saatnya mencari pekerjaan. Yah, mirip seperti penulis freelance. Di link Job Opportunity kita akan disodorkan listing perusahaan atau lembaga lengkap dengan nilai bid maksimal. Nah, di sinilah kita harus jeli memilih peluang. Carilah peluang pekerjaan yang relevan dengan isi blog kita, dan yang nilai max bid-nya paling tinggi atau setidaknya sama dengan nilai blog kita. Kalau memilih website yang tidak relevan, pagerank Anda akan menurun, seperti yang dialami teman saya tersebut.

Kalau Anda sudah menentukan pilihan, klik BID. Anda akan disuruh menentukan nilai bid. Masukkan saja nilai yang sesuai nilai blog Anda. Agar bid Anda mudah diterima (approve). Nilai bid tidak akan kita terima semuanya, tapi bagi hasil dengan pihak Sponsored Review dengan ratio 60% untuk pemilik blog, 40% untuk Sponsored Review. Sampai di sini, selanjutnya tunggu kabar via email dari Sponsored Review.

Setelah bid Anda diterima, saatnya untuk menulis review. Setelah tulisan tampil di blog, kita harus memasukkan judul dan link dari tulisan tersebut di kolom yang telah disediakan. Beberapa hari kemudian, pengalaman saya 3 hari, masuk email dari Paypal, ada pembayaran telah masuk ke rekening Anda. Asyik bukan?

Pengalaman pertama mereview, saya sukses mendapatkan $16.25, lumayan bukan? Apalagi dolar langsung ditransfer ke rekening Paypal, urusan jadi gampang, tinggal withdrawal ke rekening bank lokal, cuma dipotong Rp 16.000. Bayangkan seandainya dalam sehari saya bisa mereview satu website saja. Kan lumayan tuh pendapatannya, lebih besar dari gaji bulanan saya.

sponsoredreview-paypal

Selain Sponsored Review, banyak lagi program paid to review yang lain. Satu yang telah lebih dulu saya kenal, namun belum pernah saya coba, adalah PayPerPost. Saya akan tuliskan pengalaman saya, jika saya telah berhasil mendapatkan dolar dari PayPerPost.

Selamat mereview dan mendapatkan dolar dari Sponsored Review.

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com