5 Alasan Mengapa Silicon Valley Memilih Orang India

Sundar Pichai - Satya Nadella
Anda tahu kan kalau Google sekarang dipimpin pria India, yaitu Sundar Pichai. Anda juga sudah tahu bahwa Microsoft juga dipimpin orang India, namanya Satya Nadella. Hebat ya. Mengapa sih raksasa teknologi Silicon Valley itu memilih orang India?

Selain mereka, masih banyak lho orang-orang India lainnya, sebut saja Shantanu Narayen (CEO Adobe), Rajiv Suri (CEO NSN, New Nokia).

Apa sih rahasianya? Yang pasti, India unggul di sumberdaya manusia bidang teknologi, bahkan melebihi China. Mengapa bisa begitu?

Mari kita telisik alasannya:

1. Bahasa Inggris
Fakta bahwa India dikuasai oleh Inggris di abad 19 dan awal abad ke-20, membuat banyak sekolah di India menggunakan bahasa Inggris. Ini berarti sejak usia dini banyak orang India yang fasih berbicara dalam bahasa Inggris dan pada saat mereka pindah ke luar negeri mereka dapat menggabungkan kecerdasan  dengan kemampuan komunikasi yang baik. Jika dibandingkan dengan eksekutif senior dari Cina, Korea Selatan, dan Taiwan, mereka kalah fasih berbahasa Inggris, sehingga kurang dapat berkomunikasi dengan baik.

2. Ambisius
Kemiskinan telah membuat orang India sangat ambisius. Sundar Pichai adalah satu contoh. Ia kuliah di IIT Kharagpur, kemudian berhasil mendapat beasiswa ke Universitas Stanford dan akhirnya melanjutkan MBA di Wharton University of Pennsylvania.

3. Memahami Pasar Negara Berkembang
Pasar negara berkembang adalah target besar bagi perusahaan teknologi karena mereka melihatnya sebagai peluang bagi masa depan mereka. Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk memiliki individu yang memahami masalah negara-negara seperti India. 

Gurdeep Singh Pall, di Microsoft, menjalankan tim Skype. Dia adalah salah seorang yang memiliki peran dalam penemuan teknologi VOIP dan sekarang di Microsoft dia menjadi tim di belakang Skype Translator. Skype Translator adalah alat ajaib yang akan menerjemahkan percakapan antara dua orang melalui internet dalam bahasa yang berbeda. Timnya sedang membangun produk yang akan membawa dunia lebih dekat. Dia juga salah satu eksekutif senior pertama di Silicon Valley dari keturunan Sikh. 

Sundar Pichai meluncurkan Android One di India, sebuah inisiatif untuk smartphone terjangkau berkualitas tinggi. Satya Nadella, CEO Microsoft, berada di Kenya sementara perusahaan meluncurkan Windows 10. Ia mengumumkan banyak inisiatif di negara yang dilanda kemiskinan. Eksekutif keturunan India lebih mampu membidik masalah dunia ketiga.

4. Insinyur IT
Alasan yang paling jelas India menjadi target untuk posisi eksekutif senior di perusahaan teknologi adalah bahwa sebagian besar dari mereka adalah programer dan insinyur di “jantung”nya teknologi. Perusahaan teknologi, seperti Google, Microsoft, dan Facebook, menghargai insinyur IT lebih daripada orang dari administrasi bisnis dan pemasaran. Mereka seperti orang yang membangun sesuatu dari awal.

Ketika Microsoft sedang mencari pengganti Steve Ballmer, Bill Gates  membutuhkan seorang insinyur di “jantung bisnis” dengan kecerdasan bisnis. Satya Nadella, yang digambarkan sebagai “Cloud Guru”, adalah orangnya. Google telah melakukan hal yang sama dengan Pichai yang memegang gelar sarjana dari IIT Kharagpur, MSc dari Stanford University dan MBA dari University of Pennsylvania.

5. Rendah Hati
Dapat dikatakan bahwa CEO keturunan India rendah hati dan, karenanya pandai memutar kembali dadu sehingga mereka dapat menebus kesalahan sebelum situasi di luar kendali. Masih ingatkah Anda dengan permintaan maaf Nadella karena pernyataan karyawan perempuan tidak harus minta kenaikan gaji? Itulah salah satu contohnya.

Itulah beberapa faktor yang membuat orang India setidaknya untuk saat ini dipilih memimpin perusahaan teknologi. Nah, kalau Anda ingin dilirik untuk memimpin kantor perwakilan Google, Microsoft, Facebook dll di Indonesia paling tidak harus bisa menguasai bahasa Inggris, ambisius (tidak kenal menyerah), memahami pasar negara kita sendiri, insinyur IT, dan rendah hati seperti orang India. Tentu saja masih banyak faktor lain yang tidak disebutkan di sini.

Kira-kira apalagi ya guys alasannya. Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar ...